Captive Portal IPB

Kali ini Pak Tani mau berbagi informasi seputar kehidupan i-net di IPB. Seperti yang kita tau, mahasiswa IPB paling suka "nggelempar" (bahasa apa tuw?) di emperan kampus. Entah itu baca buku, sekedar nungguin temen, les privat, rapat, atau browsing i-net. Tapi yang paling banyak terlihat yaah yang terakhir disebut. Menurut pengamatan Pak Tani, hampir setiap sudut kampus dipenuhi mahasiswa IPB yang lagi asyik browsing. Bahkan sempet ada dosen Pak Tani yang bilang, ini mahasiswa bukan sih? hehe. Yah, pertanyaan sekaligus pernyataan tersirat itu Pak Tani rasa masuk wajar aja. Why? yah, kita tau ndiri, mahasiswa IPB (mungkin anda termasuk, Pak Tani juga sih.. hehe) berbekal laptop dan charger-nya, kalo udah "terjebak" di emperan kampus, sampe malem pun sanggup duduk disana, ngebrowsing sampe puas. Pojok-pojok kampus dipenuhi mahasiswa yang lagi asyik dengan laptopnya. "Lubang-lubang kecil" di sepanjang dinding gedung kampus tampaknya selalu jadi bahan rebutan (Pak Tani juga sering kok ^^).

Nah, seminggu ini Pak Tani ngadain sedikit pengamatan. Anggap aja judulnya "Pengaruh pemberlakuan Captive Portal terhadap kehidupan I-net di Kampus IPB Darmaga" hehe....

dari hasil pengamatan Pak Tani, terjadi penurunan jumlah mahasiswa IPB ber-internet di emperan kampus. Di pojok dan emperan kampus hanya terlihat mahasiswa dengan laptopnya yang khusyuk mengerjakan tugas tanpa akses I-net. Tingkat keramaian kampus di malam hari-pun mengalami penurunan. Kalo dibuat presentase penurunan, mungkin bisa sampai 50%.

Lalu apa penyebabnya?

Berdasarkan data yang didapat Pak Tani, kebanyakan alasan mahasiswa IPB tidak melakukan "aktivitas"-nya adalah karena adanya Captive Portal IPB.

Apa tuw?

Captive Portal merupakan sistem baru yang diberlakukan DKSI IPB. Sistem ini mulai berlaku sejak senin, 4 April 2010 (kalo Pak Tani gag salah sih ^^). Dengan adanya sistem ini, pengguna (user) akses internet di IPB (dalam hal ini mahasiswa dan pegawai) diharuskan melakukan registrasi ulang. Hal inilah yang berpengaruh besar terhadap penurunan aktivitas i-net di lingkungan kampus IPB. Sistem lama "membiarkan" user tidak melakukan registrasi. Selain itu, pada sistem lama penggunaan username tidak terbatas untuk satu orang untuk satu kali akses. Sehingga mahasiwa dapat bebas berinternet dengan satu username. Banyak beredar username-username (dan passwordnya) yang bisa digunakan tiap mahasiswa secara bersamaan.

Pada sistem Captive Portal ini, penggunaan username tampaknya benar-benar dibatasi untuk satu user. Sehingga satu username tidak bisa aktif dalam waktu yang bersamaan. Nah, satu lagi yang unik. Username i*mail, *sep, wi*owo, atau yang lainnya tidak akan bisa digunakan pada sistem ini.


Jadi, Pak Tani sarankan teman-teman untuk melakukan registrasi ulang kalo mau kembali bebas dan nyaman akses i-net di kampus IPB. Registrasinya cukup mengisi formulir di Cyber (bisa di Cyber Merpati) dan melakukan persyaratan lain. Setelah itu, atur pengaturan koneksi sesuai yang ada pada saat pertama kali teman-teman buka browser. Disana dijelaskan secara rinci untuk pengguna Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Setelah pengaturan koneksi selesai, silakan ke halaman login dengan meng-klik link yang ada dihalaman itu. Setelah masuk di halaman login, coba cek username kamu dengan memilih pilihan cek username, lalu masukkan nama lengkap kamu. Kamu akan mendapatkan NIM dan username.Berdasarkan pengalaman Pak Tani, username pada sistem ini agak berbeda dengan sistem sebelumnya. Setelah tahu username kamu, coba masukkan username itu pada form. Password yang digunakan adalah password lama (atau mungkin berbeda, sesuai yang didapat saat registrasi ulang). Lalu, silakan login. Kalo nggak ada masalah, kamu akan dapat konfirmasi kalo kamu berhasil login.

Ummm, saran dari Pak Tani, segera ganti password setelah berhasil login, karena sistem ini menganut one name per one access, bisa jadi temen-temen rugi kalo mau akses tiba-tiba username temen dipakai orang lain. Jangan juga berikan password pada orang lain. Setelah puas berinternet, jangan lupa logout. Pilihan logout ada pada halaman konfirmasi berhasil login tadi (login1.ipb.ac.id).

OK. Demikian info dari Pak Tani, semoga bermanfaat ^^



p.s. : Kalo ada yang mau ditanyain, silakan tanyain aja ^^

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Captive Portal IPB"

Post a Comment

Silakan berkomentar, bertanya, atau sekedar say hello :)