Sekilas Matrikulasi Mahasiswa Baru

April 2010, dua bulan menuju akhir tahun akademik 2009-2010. Itu artinya saya harus kembali bersiap-siap nyusun KRS baru di semester selanjutnya. Itu juga artinya akan semakin dekat hari kelulusan saya (Amiiin... ^^). Atau juga bisa diartikan akan hadir wajah-wajah baru, fresh from the oven (maaf, bukan produk roti ^^), maksudnya muka-muka baru. Adik-adik calon mahasiswa Bogor Agricultural University. Kenapa masih saya sebut calon? karena memang belum "sah" disebut mahasiswa IPB. hehe...

Oke deh, saya nggak akan berpanjang lebar. Kali ini mau cerita khusus untuk mahasiswa baru IPB dari jalur USMI untuk tahun akademik 2010-2011 - sekilas tentang matrikulasi.

Setelah sempat ikut bergabung dengan adik-adik di group Facebook USMI IPB 2010-2011 (buat adek-adek yang belum gabung, sok gabung aja, banyak info disana), dan juga sempat denger celoteh-celotehnya, saya ambil kesimpulan kecil kalo adik-adik masih belum tahu banyak tentang matrikulasi.

Apa itu matrikulasi? apakah itu sejenis udang? atau jenis makanan ringan? Matrikulasi adalah kuliah pendek (hanya satu bulan) khusus diperuntukkan pada mahasiswa IPB baru dari jalur USMI, baik di program sarjana maupun diploma. Kuliah matrikulasi hanya berlangsung selama kurang lebih satu bulan, sebelum mahasiswa dari jalur lain (SNMPTN, BUD, UTM, dan PIN) masuk untuk memulai kuliah reguler.

Tujuan dilaksanakannya matrikulasi ini adalah penyetaraan kompetensi mahasiswa baru dengan ilmu-ilmu dasar. Akan ada dua mata kuliah, Kimia dasar dan Pengantar Matematika. Semua materi kuliah hampir sama dengan materi yang adek-adek [elajari di SMA, tentunya dengan sedikit penyesuaian. Lalu, apakah mahasiswa non ilmu eksak juga harus belajar matematika atau kimia? Ya. Why? disinilah kelebihan mahasiswa IPB. Mahasiswa baru akan dibawa ke dalam suhu perkuliahan yang belum pernah dirasakan sebelumnya dengan ilmu-ilmu dasar.

Lalu, gimana pelaksanaannya?

Pada saat pendaftaran ulang, mahasiswa baru akan dikelompokkan dalam dua kelompok, yaitu Kimia dan Pengantar Matematika, dua kelompok ini juga terbagi dalam kelas-kelas. Perlu dicatat bahwa pemilihan kelas ini dilakukan secara acak oleh pihak TPB. Setahu saya nanti akan ada sekitar 20 kelas untuk masing-masing kelompok. Pada perkuliahan, satu kelas akan digabung dengan satu kelas lain menjadi kelas besar. Sekedar informasi, saat matrikulasi lalu, saya ada di kelas KIM 03, bergabung dengan kelas KIM 04.

Tambahan lagi, mahasiswa hanya akan mendapat satu mata kuliah di matrikulasi dan tidak adan ada sistem rolling. Jadi, kalo adek dapet kimia, maka selama matrikulasi berlangsung, adek akan belajar kimia sampai matrikulasi selesai.

Perkuliahan akan berlangsung 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Bagi mahasiswa yang mendapatkan mata kuliah Kimia, akan ada praktikum. Berbeda halnya dengan mahasiswa yang emndapat mata kuliah Pengantar matematika yang mungkin biasanya hanya akan ada responsi (kuliah tambahan dengan asisten dosen).

Ingat! mungkin akan ada tugas setiap pertemuan. Khususnya Pengantar matematika, ada PR setiap minggunya, yang harus dikerjakan. Untuk kimia, akan ada laporan praktikum.

Ngomong-ngomong tentang ujian. Dalam matrikulasi akan ada dua kali ujian, yaitu Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Nah, khusus untuk Kimia, akan ada ujian praktikum yang dilaksanakan dekat dengan UAS. UAS kemungkinan akan dilaksanakan pada akhir Juli atau pertengahan Agustus sebelum mahasiswa jalur lain masuk.

Nah, saran dari saya punya saran untuk adek-adek.
1. Jangan segan bertanya. Baik pada saat kuliah atau juga di luar kuliah. Adek bisa tanya ke kakak kelas atau lagsung ke dosen.
2. Kerjakan tugas. Tentunya akan membantu nilai. Untuk yang dapat kimia, nilai dari praktikum akan sangat membantu meningkatkan nilai akhir. Jadi, maksimalkan praktikum. Sedangkan untuk yang dapat Pengantar Matematika, karena tidak ada praktikum, maksimalkan nilai di UTS dan UAS.
3. Usahakan untuk selalu hadir kuliah. Karena kehadiran yang kurang dari 80% akan berakibat tidak bisa ikut ujian.

Setelah UAS, akan segera diumumkan nilai akhir matrikulasi dari setiap mahasiswa. Nah, bagi mahasiswa yang lulus (dengan nilai selain D dan E), pada kuliah reguler tidak akan mendapat mata kuliah yang sudah didapat di matrikulasi. Misal, kalo di matrikulasi dapat kimia dan lulus, maka di kuliah reguler tidak akan mendapat mata kuliah kimia lagi. Sebaliknya bagi mahasiswa yang belum lulus (nilai D dan E) akan kembali mendapat mata kuliah yang sudah dipelajari di matrikulasi. Jangan berkecil hati, karena nilai kurang memuaskan di matrikulasi tentu bisa berubah menjadi sangat memuaskan di kuliah reguler. So, nggak ada ruginya. ^^

Okey? Anda siap bermatrikulasi ria?

kalo masih ada yang bingung, langsung tanya aja... ^^


p.s. : maap, gambar insetnya dadakan, jadinya jelek gitu dehh... ^^

Read Users' Comments (12)

12 Response to "Sekilas Matrikulasi Mahasiswa Baru"

  1. Nanda Andrian Yuditya Says:
    May 3, 2010 at 12:54 AM

    @ Pak Tani : Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, sy lulus USM IPB 2010 mayor Kimia. Apakah sy pasti akan mendapatkan mata kuliah Kimia pada saat materikulasi berlangsung ?. Dmhn jawabannya terimakasih. *Bertanya

  2. Arif "rave" Wijayanto says:
    May 3, 2010 at 6:13 AM

    Jwbnnya tidak. Pemilihan mata kuliah untk matrikulasi dilakukan secara acak. Jadi, ada kemungkinan adik dapat kimia, dan ad kemungkinan lain dapat matematika

  3. borju says:
    May 14, 2010 at 11:38 PM

    @Pak tani: Syalooommm...
    saya lulus pmp usu,jadi setelah saya selesai melaksanakan matrikulasi,namun ternyata tidak sesuai dgn nilai stndart.
    Tu maish bisa lanjutin kul ya ???
    Mohon jawabannya pak..Trimakasih..

  4. Arif "rave" Wijayanto says:
    May 16, 2010 at 1:36 PM

    @borju: jangan panggil pak donk... masih semester 4 neh...

    umm... lulus usmi kan? ambil usmi aja dulu...

  5. k a o is ME says:
    May 17, 2010 at 2:26 PM

    wah ka thanks y infonya.. ^_^

    tapi bener - bener diacak nih?
    ukhhh saya paling ga bisa kimia (-_-)
    dosennya nyediain buat konsultasi diluar jam ga? saya g ska sih kalo nanya di dalem jam, g ngerti

    oh iya gambar insetnya bagus ko ka kya kyoya di ouran hhehe

  6. Arif "rave" Wijayanto says:
    May 17, 2010 at 3:04 PM

    :)
    sama-sama, makasih juga dah dateng.

    iya, pihak TPB memang sengaja mengacak penempatan di matrikulasi. Kalo mau, banyak les di sekitar kampus kok

  7. Jaka Agung Gumelar says:
    May 7, 2014 at 9:44 AM

    Ka pada saat program martikulasi kita itu diberikan materi ka? Setelah itu ada ujiannya? Mau tanya untuk daftar ulang program usmi 2014 itu kapan? Mohon bantuannya terima kasih ..

  8. Arif K Wijayanto says:
    May 8, 2014 at 1:41 PM

    Jaka, mohon maaf sebelumnya karena terlambat membalas pertanyaannya :-)

    Pada saat matrikulasi akan diberikan mata kuliah dasar seperti kimia (3 sks) dan pengantar matematika (2 sks). Kuliah matrikulasi sangat singkat, hanya sekitar 2 bulan. Namun tetap lengkap dengan 14 kali pertemuan. Ada ujiannya, UTS dan UAS. Untuk informasi detail mengenai USMI, silakan langsung menuju ke website admisi IPB di http://admisi.ipb.ac.id/.

    Terima kasih

  9. Anonymous Says:
    May 14, 2014 at 1:10 AM

    Saya ambil mata kuliah komunikasi, apa saya wajib ikut matematika dan kimia? Saya dari program ips soal nya

  10. Fairuz Zamharir Akbar says:
    June 1, 2015 at 8:31 PM

    Kalo Analis Kimia, matrikulasinya apa saja? jadi matrukulasi itu hanya 1 pelajaran?

  11. Syafira Vitha says:
    May 11, 2017 at 1:35 PM

    tadi diatas kan disebutin tuh kak."Dalam matrikulasi akan ada dua kali ujian, Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Nah, khusus untuk Kimia, akan ada ujian praktikum yang dilaksanakan dekat dengan UAS." kan matrikulasi cuma sebulan tuh, nah itu langsung ada ujian di satu bulan itu atau memang ujiannya waktu uts/uas? btw, taun skrg Maba SNMPTN IPB loh yg dapet matrikulasi kak :'v

  12. Anonymous Says:
    July 17, 2017 at 3:33 PM

    saya masih kacau dengan memahami martikulasi.. apa saya juga harus ikut??

Post a Comment

Silakan berkomentar, bertanya, atau sekedar say hello :)