Forced Logout

Sistem captive portal IPB sudah berlaku sejak beberapa bulan terakhir. Sistem baru pengganti sistem Squid Test yang diterapkan pihak DKSI IPB ini merupakan terobosan baru dalam perbaikan sistem komunikasi internet maupun intranet di lingkungan kampus IPB. Dengan sistem yang lebih strict - tidak memperbolehkan penggunaan username sama dalam waktu bersamaan, dan juga tentunya tidak membiarkan user berpindah dari satu access point ke access point lain.

Nah, kebijakan yang terakhir disebut nampaknya adalah hal yang paling sering membuat repot user, termasuk juga di dalamnya saya. Seringkali user lupa me-logout akunnya sebelum pindah ke akses poin lain, sehingga username-nya tidak bisa digunakan di akses poin baru dan terpaksa harus kembali ke akses poin dimana pertama kali login untuk sekedar logout. Bisa dibayangkan kalau seandainya login di pelataran rektorat, lalu lupa logout dan berpindah ke Faperta, berapa tetes keringat harus bercucuran.

Nah, saya hari ini dapat kabar baik. Pihak DKSI tampaknya sudah memperbaiki kelemahan yang merepotkan itu. Solusi yang dikeluarkan diberi nama Forced Logout.


Sistem akan memberi peringatan bahwa username sedang digunakan di tempat lain. Akan tampil tampilan seperti gambar diatas. Ada pilihan Forced Logout, pilih. Selanjutanya akan tampil tampilan berikut
Masukkan username dan passsword, lalu isikan kode rahasianya sesuai kode yang tampil. Lalu tekan submit. Username akan otomatis logout tanpa harus berpindah tempat.

Read Users' Comments (1)comments

1 Response to "Forced Logout"

  1. tomi says:
    June 22, 2011 at 11:49 PM

    hai belogger..

    info yang menarik... enginenya ipbnya apa ya..wordpress kah... ooh iya bisa minta tutorialnya..

Post a Comment

Silakan berkomentar, bertanya, atau sekedar say hello :)