Transisi (untuk mahasiswa baru IPB jalur USMI)

Banyak orang yang bilang, menunggu adalah pekerjaan paling membosankan. Enak juga kalo yang ditunggu-tunggu bener-bener dateng, kalo nggak? pasti bikin kesel kan?

Setidaknya mungkin itu yang dirasakan oleh teman-teman "calon" mahasiswa baru Institut Pesantren Bogor / Institut Pak Bambang yudhoyono / Insitut Pejabat Bogor / Institut Publisitas Bogor / Institut Perteknologian Bogor, dan atau nama-nama lain yang tampaknya cukup pas dijadikan plesetan Institut Pertanian Bogor - yang sudah diterima melalui jalur USMI untuk tahun akademik 2010-2011.



Setelah melalui masa-masa sulit menghadapi ujian akhir di SMA, pekerjaan lainnya yang sebenarnya cukup berat menanti. Apa itu? menunggu saat-saat keberangkatan ke negeri baru, Bogor.

Waktu satu bulan memang akan terasa sangat lama. Untuk itu ada baiknya teman-teman mengisi waktu luang itu dengan hal-hal positif. Misalnya mencari informasi seputar dunia yang akan kalian masuki, dunia perkuliahan.

Seperti yang disebutkan di judul artikel ini, transisi. teman-teman akan memasuki suatu dunia baru yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Ya, dunia perkuliahan memang sedikit berbeda dengan dunia sekolah. Pada artikel ini, Pak Tani akan bercerita tentang masa-masa transisi itu.

Ada beberapa perbedaan yang akan teman-teman rasakan ketika beralih ke dunia perkuliahan. Mulai dari hal kecil seperti meleburnya kata sekolah menjadi kuliah, atau guru menjadi dosen, atau juga tidak adanya seragam khusus yang dipakai tiap mahasiswa seperti halnya di dunia sekolah, hingga hal lainnya yang menyangkut sistem pembelajaran. Jika di SMA teman-teman "dipaksa" untuk belajar selama satu minggu penuh, maka di bangku kuliah teman-teman dapat memilih dan meramu jadwal sendiri. Pemilihan inilah yang ada dalam Kartu Rencana Studi (KRS). Kecuali untuk Tingkat Persiapan Bersama (TPB) yang jadwalnya sudah diatur oleh pihak direktorat TPB. Setiap semester, mahasiswa semester 3 keatas harus melakukan pengisian KRS. Disinilah mereka bebas memilih mata kuliah yang akan diambil di semester berikutnya dan juga bebas menentukan jadwal. Tentu tidak bebas sepenuhnya, ada pilihan jadwal yang sidah ditentukan dan teman-teman bisa memilih jadwal itu.

Di dunia perkuliahan juga teman juga harus lebih punya kesiapan fisik dan mental. Karena tugas seorang mahasiswa tentunya lebih besar daripada tugas seorang siswa. Nantinya teman-teman akan mengenal yang namanya praktikum rutin yang selalu diikuti dengan laporannya. Selain itu masih banyak tugas-tugas lain yang harus dikerjakan mahasiswa. Tidak ada paksaan untuk mengerjakan, hanya saja ini berpengaruh terhadap nilai yang akan didapat. Perlu ditekankan bahwa proses kuliah adalah 100% kuliah tanpa disertai latihan mengerjakan soal. Latihan ada pada saat responsi yang pelaksanaannya terpisah dengan jam kuliah. Selebihnya mahasiswa harus belajar secara mandiri di luar jam kuliah.

Untuk mahasiswa luar Bogor, tentunya punya kesan tersendiri. Mungkin ada beberapa yang baru pertama kali berpisah dengan orangtua. Disinilah kesempatan kalian untuk belajar hidup mandiri, setidaknya belajar mengatur keuangan pribadi. Tentu akan sangat berbeda antara hidup disamping orangtua dengan hidup sendiri di negeri orang. Ketika teman-teman bertemu dengan teman lain dari latar belakang berbeda. IPB punya cara tersendiri untuk hal ini. Sistem asrama bagi mahasiswa TPB memungkinkan interaksi mahasiswa dengan asal daerah berbeda akan semakin intens. Dalam satu kamar asrama, teman-teman akan mengenal karakter teman-teman lain dari daerah berbeda. Sekali lagi, hal ini belum tentu ditemui ketika teman-teman di SMA. Teringat dengan buku Chicken Soup for College Soul, mungkin teman-teman ada yang sempat baca.

Banyak hal lain yang akan hadir pada masa-masa transisi nanti. Teman-teman tentunya harus mempersiapkan untuk kesemuanya. Kalo boleh mengganti, lebih baik sedia peluru sebelum bertempur daripada sedia payung sebelum hujan. Karena Bogor udah jarang ujan.. hehe... Pertempuran belum akan dimulai, karena itu persiapkanlah dari sekarang... ^^

p.s. : Buat temen-temen yang nampil di foto inset, makasy banget.. hehe.. ^^ tuw foto waktu praktikum Biologi (kayaknya) yang gw dapet di Google. Bingung mau pasang foto apa... hehe 

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Transisi (untuk mahasiswa baru IPB jalur USMI)"

Post a Comment

Silakan berkomentar, bertanya, atau sekedar say hello :)